PENETAPAN HARGA ( PRICING )
- Harga Efektif : harga yang diterima perusahaan setelah perhitungan untuk potongan, promosi, dan insentif lainnya.
- Price Lining (Garis Harga) : pengunaan jumlah harga yang terbatas untuk semua penawaran produk.
- Loss Leader (Harga Umpan) : suatu produk yang mempunyai harga yang ditetapkan dibawah marjin operasi.
- Penetapan Harga Premium (Prestise) : strategi penetapan harga pada titik mutakhir dari kisaran harga yang mungkin.
Tujuan dan Kebijakan Penetapan Harga
Meskipun peranan faktor-faktor non-harga semakin meningkat dalam
proses pemasaran modern, harga tetap merupakan elemen penting an tahap
penting dalam pemasaran yang diwarnai dengan persaingan monopoli atau
olgopoli.Dalam menetapkan harga pada sebuah produk, perusahaan mengikuti prosedur enam langkah, Yaitu:
- Perusahaan dengan hati-hati menyususn tujuan-tujuan pemasarannya, misalnya mempertahankan hidup, meningkatkan laba saat itu, ingin memenangkan bagian pasar, atau kualitas produk.
- Perusahaan menentukan kurva permintaan yang memperlihatkan kemungkinan jumlah produk yang akan terjual per periode, padaa tingkat-tingkat harga alternatif. Permintaan yang semakin tidak-elastis, semakin tinggi pula harga yang bisa dipasang oleh perusahaan.
- Perusahaan memperkirakan bagai mana biaya akan bervariasi pada tingkat produksi yang berbeda-beda.
- Perusahaan mengamati harga-harga para pesaing sebagai dasar untuk meneapkan harga mereka sendiri. Kelima, perusahaan memilih salahsatu dari metoda penetapan harga berikut ini: penetapan harga biaya-plus, analis pulang-pokok dan penetapan laba sasaran, penetapan harga nilai yang diperoleh, penetapan harga yang sesuai dengan laju perkembangan dan penetapan harga dalam sampul tertutup.
- Perusahaan memiliki harga final, menyatakannya dalam cara psikologis yang paling efektif dan mengeceknya untuk menyakinkan bahwa harga tersebut sesuai dengan kebijakan penetapan harga perudahaan serta sesuai pula dengan para penyalur, grosir, wiraniaga perusahaan, pesaing, pemasok dan pemerintah.
Sasaran Penetapan Harga
- Memaksimalkan laba jangka panjang
- Memaksimal laba jangka pendek.
- Meningkatkan volume penjualan.
- Meningkatkan penguasaan pasar.
- Memelihara kepemimpinan harga.
- Sasaran social, etika atau ideology.
- Mendapatkan manfaat kompetesi.
0 komentar:
Posting Komentar