BLOGGER TEMPLATES Funny Pictures

Minggu, 04 November 2012

Faktor Kebudayaan Dalam Mempengaruhi Konsumen

Faktor Kebudayaan Dalam Mempengaruhi Konsumen

Setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya - sub-budaya yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub-budaya dapat dibedakan menjadi 4 jenis: kelompok nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras, area geografis.

- Pengaruh Budaya yang Tidak Disadari

Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya. pengaruh budaya dapat mempengaruhi masyarakat secara tidak sadar. pengaruh budaya sangat alami dan otomatis sehingga pengaruhnya terhadap perilaku sering diterima begitu saja.

- Pengaruh Budaya dapat Memuaskan Kebutuhan

Budaya yang ada di masyarakat dapat memuaskan kebutuhan masyarakat. Budaya dalam suatu produk yang memberikan petunjuk, dan pedoman dalam menyelesaikan masalah dengan menyediakan metodee "coba dan buktikan" dalam memuaskan kebutuhan fisiologis, personal dan sosial. misalnya saja dengan adanya budaya yang memberikan peraturan dan standar mengenai kapan waktu kita makan, dan apa yang harus dimakan tiap waktu seseorang pada waktu makan. begitu juga hal yang sama yang akan dilakukan konsumen misalnya sewaktu mengkonsumsi makanan olahan dan suatu obat.

- Pengaruh Budaya yang Berupa Tradisi

Tradisi adalah aktivitas yang bersifat simbolis yang merupakan serangkai langkah-langkah (berbagai perilaku) yang muncul dalam rangkaian yang pasti dan terjasi berulang-ulang. Tradisi yang disampaikan selama kehidupan manusia, dari lair hingga mati. Hal ini bisa jadi sangat bersifat umum. Hal yang penting dari tradisi ini untuk para pemasar adalah fakta bahwa tradisi cenderung masih berpengaruh terhadap masyarakat yang menganutnya, misalnya acara pernikahan, akan membutuhkan perhiasan-perhiasan sebagai perlengkapan acara tersebut.

- Variasi Nilai Perubahan Dalam Nilai Budaya Terhadap Pembelian dan Konsumsi

Nilai budaya memberikan dampak yang lebih pada perilaku konsumen dimana dalam hal ini dimasukan kedalam katagori umum yaitu berupa orientasi nilai-nilai lainnya yaitu merefleksi gambaran masyarakat dari hubungan yang tepat antara individu dan kelompok dalam masyarakat. Hubungan ini mempunyai pengaruh yang utama dalampraktek pemasara, contoh, jika masyarakat menilai aktifitas kolektif, konsumen akan melihat kearah lain pada pedoman dalam keputusan pembelanjaan dan tidak akan merespon keuntungan pada seruan promosi untuk "menjadi seorang individual" dan begitu juga pada budaya yang individualistik. Sifat dasar dari nilai yang terkait ini termasuk individual/kolektif, persaingan/kerjasama, perbedaan/keseragaman.

0 komentar: