Faktor Kebudayaan Dalam Mempengaruhi Konsumen
Setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya - sub-budaya yang lebih kecil
yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk
para anggotanya. Sub-budaya dapat dibedakan menjadi 4 jenis: kelompok
nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras, area geografis.
- Pengaruh Budaya yang Tidak Disadari
Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan
perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga
dan lembaga penting lainnya. pengaruh budaya dapat mempengaruhi
masyarakat secara tidak sadar. pengaruh budaya sangat alami dan otomatis
sehingga pengaruhnya terhadap perilaku sering diterima begitu saja.
- Pengaruh Budaya dapat Memuaskan Kebutuhan
Budaya yang ada di masyarakat dapat memuaskan kebutuhan masyarakat.
Budaya dalam suatu produk yang memberikan petunjuk, dan pedoman dalam
menyelesaikan masalah dengan menyediakan metodee "coba dan buktikan"
dalam memuaskan kebutuhan fisiologis, personal dan sosial. misalnya saja
dengan adanya budaya yang memberikan peraturan dan standar mengenai
kapan waktu kita makan, dan apa yang harus dimakan tiap waktu seseorang
pada waktu makan. begitu juga hal yang sama yang akan dilakukan konsumen
misalnya sewaktu mengkonsumsi makanan olahan dan suatu obat.
- Pengaruh Budaya yang Berupa Tradisi
Tradisi adalah aktivitas yang bersifat simbolis yang merupakan serangkai
langkah-langkah (berbagai perilaku) yang muncul dalam rangkaian yang
pasti dan terjasi berulang-ulang. Tradisi yang disampaikan selama
kehidupan manusia, dari lair hingga mati. Hal ini bisa jadi sangat
bersifat umum. Hal yang penting dari tradisi ini untuk para pemasar
adalah fakta bahwa tradisi cenderung masih berpengaruh terhadap
masyarakat yang menganutnya, misalnya acara pernikahan, akan membutuhkan
perhiasan-perhiasan sebagai perlengkapan acara tersebut.
- Variasi Nilai Perubahan Dalam Nilai Budaya Terhadap Pembelian dan Konsumsi
Nilai budaya memberikan dampak yang lebih pada perilaku konsumen dimana
dalam hal ini dimasukan kedalam katagori umum yaitu berupa orientasi
nilai-nilai lainnya yaitu merefleksi gambaran masyarakat dari hubungan
yang tepat antara individu dan kelompok dalam masyarakat. Hubungan ini
mempunyai pengaruh yang utama dalampraktek pemasara, contoh, jika
masyarakat menilai aktifitas kolektif, konsumen akan melihat kearah lain
pada pedoman dalam keputusan pembelanjaan dan tidak akan merespon
keuntungan pada seruan promosi untuk "menjadi seorang individual" dan
begitu juga pada budaya yang individualistik. Sifat dasar dari nilai
yang terkait ini termasuk individual/kolektif, persaingan/kerjasama,
perbedaan/keseragaman.
Minggu, 04 November 2012
Faktor Kebudayaan Dalam Mempengaruhi Konsumen
Diposting oleh My Note's di 14.19
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar