Situasi konsumen adalah faktor lingkungan sementara yang menyebabkan
suatu situasi dimana perilaku konsumen muncul pada waktu tertentu dan
tempat tertentu (Menurut Mowen dan Minor. 1998).
Interaksi Individu dengan Situasi
Dalam diskusi mengasumsi bahwa semua konsumen berespon dengan cara yang
sama terhadap situasi tertentu. Namun, kenyataan tidak harus demikian.
Walaupun sebagian konsumen mungkin sangat dipengaruhi oleh variasi
situasi, yang lain mungkin sering terbukti agak tidak peka. Ide bahwa
konsumen tidak homogen dalam respon mereka terhadap faktor situasi
memiliki implikasi penting untuk pemangsaan pasar, karena konsumen yang
berbeda mungki mencari manfaat produk yang berbeda, yang dapat berubah
melintasi situasi pemakaian yang berbeda. Dickson beragumen bahwa
pemasar mungkin kerap perlu menggunakan.
Interaksi Orang dengan Situasi
Interaksi Orang dengan Situasi
Situasi pembeli mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan pembeli
konsumen dengan gaya hidup believer. Hal ini menunjukan bahwa situasi
pembeli mampu menghadirkan keinginan konsumen untuk membeli karena
situasi ini bias menjadi stimulus terhadap keputusan konsumen untuk
membeli.
Gaya hidup pembeli juga mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan
pembeli konsumen atas sesuatu. Konsumen dengan gaya hidup believer
ternyata juga mengikuti mode-mode pakaian khususnya misalkan saja celana
jeans sehingga gaya hidup mereka berpengaruh terhadap keputusan pembeli
yang dilakukan. Konsumen dengan gaya hidup believer ternyata cukup
tinggi mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan pengaruh
sebesar 68%
Pengaruh Situasi yang Tidak Terduga
Situasi tidak terduga dapat menjadi pemicu seseorang untuk membeli suatu
barang, misalkan mahasiswa yang akan mengikuti ujian lupa membawa
pensil 2B, maka secara otomatis dia akan membeli dulu pensil 2B sebelum
mengikuti ujian tersebut.
Jenis-jenis Situasi Konsumen
Situasi Komunikasi
Situasi komunikasi adalah suasana atau lingkungan dimana konsumen memperoleh informasi atau melakukan komunikasi
Konsumen mungkin memperoleh informasi atau melakukan komunikasi.
- Komunikasi lisan dengan teman, kerabat dll
- Komunikasi non pribasdi, seperti iklan tv dll
- Informasi diperoleh langsung dari toko melalui promosi penjualan, pengumuman di rak dan didepan took
Situasi Pembelian
Situasi Pembelian
Situasi pembelian adalah lingkungan, suasana yang dialami/dihadapan
konsumen ketika membeli produk dan jasa. Situasi pembelian akan
mempengaruhi pembelian misalkan ketika konsumen berada dibandara, ia
mungkin akan bersedia membeyar sekaleng coke berapa saja harganya ketika
haus, sebaliknya jika ia belanja coke diswalayan dan mendapatkan
harganya relatif lebih mahal, ia mungkin sangat sensitif terhadap harga.
Konsumen tersebut mungkin akan menunuda pembeliann coke dan mencari
ditempat lain.
Situasi Pemakaian
Situasi pemakaian disebutjuga situasi penggunaan produk dan jasa
merupakan situasi suasana ketika konsumsi terjadi. Konsumen seringkali
memilih suatu produk karena pertimbangan dari situasi konsumsi.
0 komentar:
Posting Komentar