BLOGGER TEMPLATES Funny Pictures

Minggu, 04 November 2012

Pengaruh Situasi terhadap Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian


Pengaruh situasi dapat dipandang sebagai pengaruh timbul dari faktor yang khusus untuk waktu dan tempat yang spesifik yang lepas dari karakteristik konsumen dan karakteristik obyek. (Menurut Engel,dkk. 1994)
Situasi konsumen adalah faktor lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana perilaku konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu (Menurut Mowen dan Minor. 1998).

Interaksi Individu dengan Situasi
Dalam diskusi mengasumsi bahwa semua konsumen berespon dengan cara yang sama terhadap situasi tertentu. Namun, kenyataan tidak harus demikian. Walaupun sebagian konsumen mungkin sangat dipengaruhi oleh variasi situasi, yang lain mungkin sering terbukti agak tidak peka. Ide bahwa konsumen tidak homogen dalam respon mereka terhadap faktor situasi memiliki implikasi penting untuk pemangsaan pasar, karena konsumen yang berbeda mungki mencari manfaat produk yang berbeda, yang dapat berubah melintasi situasi pemakaian yang berbeda. Dickson beragumen bahwa pemasar mungkin kerap perlu menggunakan.

Interaksi Orang dengan Situasi
Situasi pembeli mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan pembeli konsumen dengan gaya hidup believer. Hal ini menunjukan bahwa situasi pembeli mampu menghadirkan keinginan konsumen untuk membeli karena situasi ini bias menjadi stimulus terhadap keputusan konsumen untuk membeli.
Gaya hidup pembeli juga mempunyai pengaruh yang nyata terhadap keputusan pembeli konsumen atas sesuatu. Konsumen dengan gaya hidup believer ternyata juga mengikuti mode-mode pakaian khususnya misalkan saja celana jeans sehingga gaya hidup mereka berpengaruh terhadap keputusan pembeli yang dilakukan. Konsumen dengan gaya hidup believer ternyata cukup tinggi mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan pengaruh sebesar 68%

Pengaruh Situasi yang Tidak Terduga
Situasi tidak terduga dapat menjadi pemicu seseorang untuk membeli suatu barang, misalkan mahasiswa yang akan mengikuti ujian lupa membawa pensil 2B, maka secara otomatis dia akan membeli dulu pensil 2B sebelum mengikuti ujian tersebut.

Jenis-jenis Situasi Konsumen


Situasi Komunikasi
Situasi komunikasi adalah suasana atau lingkungan dimana konsumen memperoleh informasi atau melakukan komunikasi
Konsumen mungkin memperoleh informasi atau melakukan komunikasi.
  - Komunikasi lisan dengan teman, kerabat dll
  - Komunikasi non pribasdi, seperti iklan tv dll
  - Informasi diperoleh langsung dari toko melalui promosi penjualan, pengumuman di rak dan didepan took

Situasi Pembelian
Situasi pembelian adalah lingkungan, suasana yang dialami/dihadapan konsumen ketika membeli produk dan jasa. Situasi pembelian akan mempengaruhi pembelian misalkan ketika konsumen berada dibandara, ia mungkin akan bersedia membeyar sekaleng coke berapa saja harganya ketika haus, sebaliknya jika ia belanja coke diswalayan dan mendapatkan harganya relatif lebih mahal, ia mungkin sangat sensitif terhadap harga. Konsumen tersebut mungkin akan menunuda pembeliann coke dan mencari ditempat lain.

Situasi Pemakaian
Situasi pemakaian disebutjuga situasi penggunaan produk dan jasa merupakan situasi suasana ketika konsumsi terjadi. Konsumen seringkali memilih suatu produk karena pertimbangan dari situasi konsumsi.

0 komentar: