BLOGGER TEMPLATES Funny Pictures

Selasa, 12 November 2013

Hubungan Bisnis Dengan Lingkungan



Hubungan Bisnis Dengan Lingkungan

Bisnis merupakan kegiatan yang berhubungan dan berkepentingan dengan lingkungan dengan kata lain bisnis merupakan kegiatan pengelolaan sumber-sumber ekonomi yang disediakan oleh lingkungan . disamping itu bisnis tidak dapat lepas dari keberadaan faktor-faktor lingkungan yang dapat mendukung maupun menghambat terhadap tujuan bisnis yang ingin dicapai. Dilain pihak lingkungan bisnis merupakan faktor yang dapat berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebaliknya bisnis juga dapat mempengaruhi atau menciptakan pengaruh terhadap lingkungannya. Oleh karena itu interaksi antara bisnis dan lingkungannya atau sebaliknya menjadi sangat penting bagi kegiatan bisnis dan masyarakat.sehingga bisnis dapat memberika pengaruh positif maupun negative bagi lingkungan. Secara garis besar lingkungan bisnis terbagi menjadi dua bagian yaitu lingkungan eksternal dan lingkungan internal.

Dalam beberapa tahun ini dikenal istilah global impact. Yaitu bertujuan agar pelaku bisnis melakukan bisnisnya secara fair dan yang terpenting memiliki tujuan yang berkepentingan baik bagi lingkungan sekitarnya, lingkungan dan hak asasi manusia. Berikut ini merupakan kebijakan dari global impact diantaranya adalah :


1. Bisnis semestinya mendukung dan menghargai proteksi HAM yang telah dideklarasikan secara internasional

2. Memastikan bahwa tidak terlibat dalam eksploitasi dalam HAM

3. Bisnis semestinya mendukung kebebasan berserikat dan menghargai hak untuk berunding secara kolektif

4. Penghapusan semua bentuk kerja dan jasa

5. Penghentian secara efektif keterlibatan pekerja anak

6. Penghapusan diskriminasi dalam kesempatan dan jenis pekerjaan

7. Bisnis semestinya mendukung pendekatan pembatasan pelanggaran lingkungan

8. Mengambil inisiatif untuk lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar

9. Mendukung pengembangan dan distribusi teknologi yang akrab lingkungan

10. Anti korupsi

Respon terhadap lingkungan

Perusahaan atau organisasi diharapkan dapat menjadi agent of environment (pusat dari lingkungan) dengan melakukan fungsi sebagai pengelola sumber daya alam yang berbasis pada lingkungan,. Demikian pula hanya dengan perusahaan yang melakukan upaya-upaya untuk mengelola sumber daya alam yang berbasis lingkungan akan memiliki peluang untuk memenangkan kompetisi ini dimasa yang akan datang.

Enviromental based oriented adalah upaya-upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan dikembangkan produk berbasis lingkungan sejalan dengan perubahan pandangan masyarakat tentang cara pemenuhan kebutuhan yang lebih baik. Era orientasi lingkungan itu tidak berarti menghambat produktivitas, justru produktivitas itulah harus sejalan dengan usaha menurunkan emisi gas rumah kaca, namun juga mengurangi dampak pencemaran lainnya seperti masalah limbah (pencemaran air dan tanah) sebagai upaya menjaga kualitas lingkungan yang sehat.

0 komentar: